Nama Obat Diabetes Generik Di Apotik Dan Harganya Yang Aman

Nama Obat Diabetes Generik Di Apotik Dan Harganya Yang Aman

Hallo, selamat datang kembali di situs obatdiapotikherbal.blogspot.com. Pada artikel kali ini kami akan membahas seputar Obat Diabetes Generik yang ada di apotik secara lengkap. Namun sebelum itu mari kita bahas terlebih dahulu mengenai diabetes. Setuju? Oke, mari kita lanjutkan!

Apa itu Diabetes?

Diabetes merupakan penyakit yang sudah sangat umum di telinga kita, terlebih sudah banyak iklan di TV yang menyinggung tentang penyakit ini. Diabetes terjadi karena insulin yang tidak dapat bekerja secara maksimal sehingga menyebabkan kadar gula (glukosa) pada darah semakin tinggi. Hal ini dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ-organ tubuh kita seperti jantung, ginjal, mata, gigi, saraf, dll.

Gejala Umum Penyakit Diabetes

1. Intensitas buang air kecil lebih sering dari biasanya

Terlalu sering buang air kecil dapat menjadi salah satu gejala paling dasar yang diakibatkan oleh diabetes. Jika anda akhir-akhir lebih sering buang air kecil, sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter.

2. Sering mengalami kesemutan / kram

Gejala diabetes yang selanjutnya yaitu sering mengalami kesemutan atau kram pada kaki atau tangan, hal ini terjadi karena sirkulasi darah mengalami gangguan dan harus segera diatasi karena bisa berdampak buruk pada sistem saraf. 

3. Mudah capek, lelah, dan lemas

Terganggunya organ-organ tubuh akibat diabetes dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Mudah capek. lela dan lemas dapat dirasakan oleh penderita diabetes. Oleh sebab itu periksakan diri kepada dokter sesegera mungkin agar gejala ini bisa lebih cepat diatasi.

4. Berat badan berkurang

Penderita diabetes biasa akan mengalami penurunan berat badan yang drastis, hal ini karena terganggunya sistem kerja organ dalam tubuh sehingga tidak dapat memanfaatkan hasil pencernaan makanan dengan baik.

6. Gangguan fungsi penglihatan

Penderita diabetes juga bisa mengalami gangguan fungsi penglihatan, ini karena aliran darah pada organ penglihatan (mata) terganggu, sehingga tidak dapat bekerja secara optimal.

7. Luka yang sulit kering dan sembuh

Luka pada penderita diabetes juga biasanya lebih sulit sembuh, ini karena kurangnya sirkulasi darah di dalam kaki akibat tersumbatnya arteri-arteri yang disebabkan oleh penyakit arteri perifer, menyebabkan proses penyembuhan luka yang buruk. Luka menjadi sukar sembuh, oksigen dan sel darah putih sulit mencapai jaringan, imunitas tubuh menurun, dan terjadi penurunan fungsi sel darah putih dalam melawan  kuman yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, terjadi infeksi pada luka yang sukar sembuh tersebut, dan selanjutnya dapat berakibat terjadinya pembusukan. Ulkus diabetikum adalah penyebab seringnya dilakukan amputasi pada penderita diabetes.

8. Dehidrasi

Intensitas buang air kecil yang lebih sering menyebabkan tubuh lebih banyak kehilangan cairan sehingga dapat mengalami dehidrasi.

Nah itulah pejelasan singkat mengenai diabetes, selanjutnya mari kita masuk pada pokok pembahasan utama, yaitu obat diabetes generik di apotik

Nama Obat Diabetes Generik Di Apotik Dan Harganya Yang Aman


Dibawah ini merupakan daftar merk Obat Diabetes Generik Di Apotik Dan Harganya Yang Aman dan tidak terlalu bahaya di konsumsi, mari kita simak ya.

1. Obat Metformin

Metformin merupakan salah satu obat generik yang diperuntukan untuk mengatasi penyakik diabetes, obat ini bekerja sebagai penghambat pembentukan gula (glukosa) pada hati.

Indikasi Metformin:

Baik digunakan bagi pasien diabetes, terutama penderita yang memiliki postur tubuh gemuk.

Kontradiksi Metformin:
  • Tidak dianjurkan bagi pasien yang memiliki aleergi terhadap obat metformin.
  • Tidak dianjurkan bagi pasien yang memiliki riwayat penyakit jantung, kecuali jika sesuai dengan resep dokter.
  • Tidak diperuntukan bagi pasien dengan riwayat penyakit gagal ginjal, dan fungsi hati.
  • Tidak boleh digunakan oleh wanita hamil pada trimester pertama dan ibu menyusui.
  • Jangan digunakan bagi pasien yang sedang mengalami demam, trauma, dehidrasi, gizi buruk.
  • Dan tidak diperbilehkan bagi pasien lansia ( lanjut usia).

Efek Samping Metformin :

Obat Metformin termasuk pada kedalam obat yang aman untuk dikonsumsi. Namun meski begitu ada beberapa efek samping dari obat ini, meskipun jarang sekali muncul, diantaranya :
  • Mual,
  • pusing,
  • Gangguan pencernaan, seperti diare,
  • Nyeri sendi,
  • Kadar gula darah rendah,
  • Lemas,

Dosis Metformin:

Obat metformin tersedia dalam tiga kemasan yaitu : metformin 500mg, 850 mg, dan kemasan 1000 mg. Bagi penderita diabetes tingkat pertama biasanya bisa menggunakan obat metformin kemasan 500 mg, obat ini dikonsumsi setelah makan 2-3 x sehari. Dan bagi pasien yang sedang melakukan pengobatan diabetes biasanya mengkonsumsi dengan dosis 1500-2550 mg/hari sebanyak 2-3 x sehari.

Harga obat diabetens Metformin ini sekitar Rp. 2500 per strip. Harga mungkin dapat berbeda di setiap apotik atau toko obat.

2. Obat Glucovance

Obat Glucovance juga termasuk kedalam obat diabetes generik, obat ini digunakan sebagai anti diabetes. Obat ini terdiri dari beberapa kemasan dengan kandungan yang berbeda yaitu Glibenclamide 1,25 mg dan Metformin HCI 250 mg.

Indikasi Glucovance yaitu untuk pengobatan diabetes miletus tipe 2.

Kontradiksi Glucovance :
  • Tidak diianjurkan bagi pasien yang mempunyai riwayat alergi terhadap obat metformin, biguanid, glibenclamide, atau obat golongan sulfonilurea.
  • Tidak dinajurkan bagi pasien dengan riwayat gangguan ginjal, fungsi hati, gagal jantung, paru-paru, dll.
  • Tidak dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil dan ibu menyusui.
  • Tidak dianjurkan juga bagi pasien yang menderita Asma.

Efek Samping Glucovance diantaranya yaitu mual, pusing, gangguan percernaan ( diare, muntah), dll.

Adapun harga glucovance 500 mg sekitar Rp. 40.000/strip.

3. Obat Acarbose

Obat ini juga termasuk kedalam jenis obat diabetes generik. Obat Acarbose berfungsi untuk mengontrol kadar gula pada darah. Selain itu obat ini juga bisa dikombinasikan dengan obat diabetes lainnya seperti obat insulin, metformin, dan sulfonilurea. 

Kontradiksi Acarbose:
  • Tidak dianjurkan bagi wanita yang sedang dalam program hamil, wanita hamil pada trimester pertama, dan ibu menyusui.
  • Tidak boleh digunakan oleh bagi pasien denga riwayat gagguan fungsi hati, gagal ginjal, hernia, maag, gangguan pencernaan, lambung, dan radang usus.
  • Tidak boleh mengkonsumsi gula (sukrosa) saat mengkonsumsi obat Acarbose

Efek Samping Acarbose:

Ada beberapa efek samping yang ditimbulkan dari mengkonsumsi obat acarbose, diantaranya :
  • Mengalami sakit kepala, mual, pusing, dan muntah,
  • Mengalami gangguan pencernaan (diare, perut kembung)

Harga obat Acarbose di apotik yaitu sekitar Rp. 25.000/strip.

4. Obat Diabex

Diabex merupakan obat anti diabetes yang memiliki kandungan seperti obat yang telah dijelaskan diatas yaitu metformin. Kandungan tersebut memiliki fungsi sebagai anti diabetes tipe 2. Obat ini sangat cocok bagi penderita diabetes yang memiliki tubuh gemuk (obesitas). Diabex bekerja dengan cara menekan produksi glukosa. Selain itu, obat ini bisa meningkatkan penyerapan kadar gula (glukosa) parifer dan mamppu meningkatkan tiingkat sensitivitas insulin.

Indikasi Diabex:

Obat ini diindikasikan bagi penderita diabetes tipe 2, yang memiliki berat badan diatas rata-rata (obesitas). Serta bagi pasien yang sedang menjalankan terapi prediabetek atau bagi orang yang beresiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Kontradiksi Diabex:
  • Tidak boleh digunakan bagi pasien yang hipersentif (alergi) terhadap obat jenis metformin, dan biguanid.
  • Obat diabex dikontradisksikan bagi pasien dengan riwayat gagal ginjal, gangguan fungsi hati, jantung, penyakit paru-paru, serta memiliki gangguan pernafasan seperti asma, dll.
  • Tidak boleh diberikan pada wanita hamil yang sedang dalam trimester pertama, serta ibu-ibu yang sedang menyusui.
  • Obat ini juga tidak dianjurkan bagi pasien yang sedang melakukan pengobatan anestesi akibat operasi dan pembedahan salah satu organ tubuh.

Efek Samping Diabex:

Efek samping yang sering terjadi setelah mengkonsumsi diabex diantaranya adalah gangguan pencernaan, mual, muntah, diare, kembung, sakit perut, kram perut, dll. 

Efek samping yang jarang muncul yaitu gangguan fungsi hati, ginjal, jantung, paru-paru, detak jantung yang melambat, hepatities, 

Yang harus diperhatikan ketika sedang menggunakan obat diabex, diantaranya :
  • Obat harus diminum setelah makan, langsung telan secara utuh.
  • Tidak bisa digunakan sebagai obat antidiabetes tipe 1.
  • Tidak boleh dignakan dalam jangka panjang, kecuali dengan resep dokter.

Harga Diabex yaitu sekitar Rp 16.000/strip.

5. Obat Renabetic

Obat ini merupakan obat diabetes generik, untuk diabetes tipe 2. Obat renaetic mengandung zat aktif Glibenclamide sebesar 5 mg/tablet. Zat aktif ini termasuk dalam golongn sulfonilurea, yang bekerja dengan cara meningkatkan kalsium intraseluler dalam sel beta pankreas. Fungsinya yaiut untuk menstimulasi produksi insulin sehingga glukosa pada darah berubah menjadi energi yang selanjutnya dapat menurunkan kadar gula darah.

Kontradiksi Renabetic:
  • Tidak diperbolehkan untuk pasien yang memiliki alergi terhadap obat renabetic atau obat yang mengandung Glibenclamide.
  • Tidak dianjurkan untuk pasien yang memiliki riwayat gangguan fungsi hati, gagal ginjal, gangguan penyakitt jantung, serta masalah pada kelenjar adrenal.
  • Tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil pada trimester pertama dan serta ibu-ibu yang sedang menyusui.

Efek Samping Renabetic:
  • Gangguan pencernaan seperti mengalami mual, muntah, sakit peut, diare, simbelit, nyeri pada ulu hati.
  • Mengalami pusing, sakit kepala, demam, munculnya ruam-ruam pada kulit.

Obat ini harus di minum setelah makan, terutama setalah makan pagi (sarapan). Karena memiliki efek yang menyebabkan mengantuk, maka pada saat pengobatan pasien tidak dianjurkan untuk bepergian menggunakan kendaraan sendiri.

Harga Renabetic di apotik sekitar Rp. 2000/stip isi 100 tablet

Demikian informasi mengenai Nama Obat Diabetes Generik Di Apotik Dan Harganya Yang Aman dari kami. Semoga infromasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Terimakasih dan salam sehat selalu.

Baca juga:

Obat Di Apotik | Nama Obat Diabetes Generik Di Apotik Dan Harganya Yang Aman


EmoticonEmoticon