Gejala, Penyebab Dan Obat Alergi Gatal Di Apotik Resep Dokter Tablet, Krim & Salep

Gejala, Penyebab Dan Obat Alergi Gatal Di Apotik Resep Dokter Tablet, Krim & Salep

Alergi kadang membuat kita menjadi kesal dan prustasi. Apalagi jika sering muncul dan mengganggu aktivitas kita. Tenang, Anda tidak perlu khawatir, kini sudah banyak tersedia obat alergi gatal di apotik yang dapat meringankan dan meredakan gejala reaksi alergi datang. Namun Anda harus cermat dalam memilih obat alergi gatal di apotik. Pilihlah obat alergi yang sesuai dengan gejala dan jenis alergi yang anda alami, atau lebih baik lagi jika sesuai dengan resep dokter.

Pemakaian obat alergi gatal di apaotik yang tidak tepat dapat memberikan efek buruk bagi tubuh. Terkadang kesalahan mengkonsumsi obat alergi bisa menyebabkan kondisi alergi yang semakin parah. Bahkan memicu terjadinya penyakit lain. Untuk itu, kita perlu mengenali secara baik mengenai penyebab dan faktor pemicu alergi yang di alami, supaya obat yang di pilih benar-benar tepat.

Gejala, Penyebab Dan Obat Alergi Gatal Di Apotik Resep Dokter Tablet, Krim & Salep


Gejala Alergi Gatal

Orang yang memiliki alergi gatal umumnya akan mengalami gejala seperti ruam merah disertai dengan gatal di kulit, kemudian kulit akan berubah warna menjadi kemerahan. Selain itu, sensasi kesemutan atau gatal pada rongga mulut juga bisa dirasakan, bahkan terkadang penderita akan sulit menelan dan sakit tenggorokan, mengalami pembengkakan pada bagian tubuh yang lain seperti mulut dan wajah. Pada alergi jenis ini biasanya kondisi ruam akan timbul pada permukaan kulit.

Selain itu, sebagian penderita alergi kulit juga ada yang mengalami gejala seperti mual dan muntah, bersin-bersin, pening atau pusing, mata terasa gatal, sakit perut, diare, bahkan mengalami sesak napas. Alergi gatal ini tidak hanya terasa di bagian luar tubuh saja, tetapi juga dapat dirasakan pada organ dalam tubuh lainnya.

Penyebab Alergi Gatal

Ada beberapa penyebab alergi gatal yang sering terjadi, diantaranya :

  1. Karena gigitan serangga, contohnya sengatan lebah atau serangga beracun lainnnya.
  2. Makan makanan tertentu, contohnya kacang-kacangan, telur, kerang, kepiting, udang dan susu atau makanan lain yang menyebabkan alergi.
  3. Karena paparan subtansi yang ada di uadara, air, tanah atau media lain, contohnya tungau, debu, bulu hewan, dan serbuk sari.
  4. Karena pengguanaan obat-obatan tertentu, contohnya antibiotik penisilin, amoksilin, dll.
  5. Karena paparan bahan kimia yang bersentuhan dengan kulit secara langsung atau bisa juga terkonsumsi secara tidak sengaja, contohnya bahan kimia pada parfum, sabun, sampo, bahan lateks atau bahan makanan seperti pewarna makanan dll..
Obat Alergi Gatal Di Apotik

Adapun tujuan dari pemberian obat alergi gatal resep dokter yang ada di apotik adalah untuk mengurangi dan meredakan reaksi atau gejala alergi yang muncul. Hal paling baik bagi penderita alergi gatal adalah mengetahui faktor pemicu alergi kemudian berusaha menghindarinya.

Namun jika alergi menyerang, Anda bisa mengurangi reaksi gejala yang timbul dengan mengkonsumsi obat anti alergi baik yang berbentuk tablet atau krim yang banyak tersedia di apotik.

Dibawah ini merupakan beberapa nama obat alergi gatal yang ada di apotik yang bisa Anda beli baik dengan resep dokter ataupun tidak. Namun sebelum membelinya alangkah baiknya jika anda berkonsultasi terlebih dulu pada petugas apoteker sehingga Anda akan direkomendasikan obat yang tepat. Langsung saja yuk simak nama-nama obat alergi gatal yang ada di apotik berikut ini!

1. Cetirizine (Pil Antihistamin)

Obat alergi gatal di apotik yang pertama adalah Cetirizine merupakan nama obat alergi yang bisa mengurangi kadar histamin dalam tubuh. Pada saat tubuh anda mempunyai histamin yang tinggi maka bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah dan menyebabkan reaksi alergi. Obat ini dapat membantu mengatasi berbagani reaksi alergi termasuk alergi dingin, makanan, dan reaksi kimia.

Jika Anda sedang mengkonsumsi obat ini TIDAK dianjurkan untuk mengendarai kendaraan terlebih jika sendirian, jangan mengkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol, serta jangan menggunakan obat lain yang memiliki efek kantuk. Gunakan obat ini sesuai dengan anjuran dokter atau seperti yang tercantum pada kemasan. Obat ini juga sangat tidak dianjurkan untuk orang yang mengalami masalah pada ginjal.

Efek samping dari obat ini termasuk : mengantuk, pusing, sakit kepala, mulut kering, sakit perut, penglihatan kabur dan sulit buang air kecil.

Cetirizine dijual dengan harga sekitar Rp.26.000,-

2. Loratadine

Obat Alergi Gatal Di Apotek yang kedua yaitu larotadine. Obat ini tidak diijinkan dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal, asama, gangguan hati, anak-anak kurang dari dua tahun, serta ibu menyusui dan ibu hamil. 
Dosis untuk anak usia 12 tahun ke atas 10mg 1x sehari. Untuk anak usia 2-12 tahun biasanya dokter akan memberi dosis sesuai dengan berat badan masing-masing.
Efek sampingnya obat ini diantaranya mengantuk, pusing, sakit kepala, mulut kering, sakit perut, penglihatan kabur dan sulit buang air kecil.

Loratadine  biasanya dijual dengan harga sekitar Rp. 5000

3. Fluoxetine (Kapsul)

Obat alergi gatal yang ke tiga adalah Fluoxetine, Fluoxetine merupakan jenis obat anti-depressan yang dapat menyebabkan reaksi rileks atau santai dan kantuk yang cukup berat. Obat ini biasanya diberikan oleh dokter jika alergi yang dialami pesien sudah dibarengi dengan gejala gangguan panik, sulit tidur, dan gelisah.

Orang yang memiliki riwayat gangguan masalah hati, ginjal, diabetes, glaukoma, kejang, dan epilepsi tidak boleh mengkonsusmi obat ini. Fluoxetine juga tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil, ibu menyusui dan bayi. Cara penggunaanya Anda bisa mengikuti petunjuk dokter atau seperti yang tertera pada kemasan.

4. Hydrocortisone (Krim)

Obat Alergi Gatal Di Apotik yang selanjutnya adalah Hydrocortisone, obat ini berbentu krim yang bermanfaat untuk mengurangi atau menghilangkan ruam merah, rasa gatal, atau bengkak karena alergi yang dialami. Hydrocortisone bekerja dengan cara mengurangi dan meringankan peradangan yang terjadi pada kulit.

Hydrocortisone krim tidak dianjurkan digunakan oleh ibu hamil, menyusui, alergi obat, penderita TBC, tidak untuk jerawat yang parah, campak, dan atrofi kulit ataupenipisan kulit. Obat ini juga tidak untuk digunakan pada luka terbuka, tidak boleh tertelan, tidak untuk luka infeksi, jangan sampai terkena mata, tidak untuk pemakaian jangka panjang (lebih dari 2 minggu), serta tidak untuk luka bakar.

Cara pemakaiannya :

  • Pastikan bahwa tangan Anda selalu bersih sebelum melakukan perawatan, kemudian bersihkan juga daerah kulit yang mengakami alergi dengan kain lembut yang basah.
  • Selanjutnya oleskan obat ini pada kulit yang gatal akibat alergi, lalukan secara lembut dan merata.
  • Tidak boleh menempelkan apapun pada kulit yang sudah diberi obat.
  • Lindungi kulit dari gesekan benda atau mendia lain, serta hindarkan dari kotoran seperti debu dll.
Efek samping setelah pengguanaan obat ini adalah timbul rasa panas pada kulit, iritasi ringan hingga berat serta reaksi gatal. Jika Anda mengalami reaksi yang berat, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter untuk memeriksanya.

Harga Hydrocortisone di apotik sekitar Rp.8.000 untuk kemasan kecil dan Rp. 11.000 untuk kemasanan 2,5% tube gram.

5. Krim Elidel Atau Pimecrolimus

Obat Alergi Gatal Di Apotik yang terakhir dan paling banyak digunakan adalah Krim Elidel atau Pimecrolimus. Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada saat kulit terserang alergi termasuk gatal-gatal dan eksim. Krim ini termasuk obat ringan sehingga tidak bisa digunakan untuk pengobatan alergi yang sudah parah. Penderita yang mengalami alergi terhadap bahan pimecrolimus juga tidak diperbolehkan menggunakan obat ini.

Penderita kanker kulit, cacar, herpes, sistem kekebalan tubuh yang lemah, gangguan ginjal, gangguan hati, dan reaksi alergi yang besar juga tidak dijinkan untuk menggunakan Krim Elidel atau Pimecrolimus. Selain itu, obat ini juga harus di hindari oleh wanita yang sedang hamil dan ibu menyusui serta anak-anak dengan usia dibawah dua tahun

Cara pemakaiannya:

  • Bersihkan tangan dengan mencucinya hingga benar-benar bersih sebelum melakukan perawatan
  • Bersihkan area kulit yang akan diobati
  • Oleskan obat ini pada area yang mengalami alergi sesuai dengan dosis yang diresepkan oleh dokter atau apoteker.
  • Jauhkan obat ini dari mulut, mata, hidung, dubur dan luka terbuka.
  • Jangan sampai menutup kulit dengan perban atau kain setelah diobati.
  • Penggunaan obat ini tidak untuk jangka panjang atau lebih dari 6 bulan.
  • Setelah diolesi obat, jaga kulit agar tidak terkena sinar matahari secara langsung
Efek samping yang mungkin dapat terjadi dari obat ini adalah bengkak pada wajah, bibir, tenggorokan, adanya rasa gatal, sakit kepala, sakit perut atau diare, nyeri sendi, serta merasa tidak nyaman pada tubuh.

Harga obat ini cukup mahal, yaitu  sekitar Rp140.000/tube untuk kemasan 10 g x 1’s .

Nah sobat obat di apotik, itulah informasi mengenai Gejala, Penyebab Dan Obat Alergi Gatal Di Apotik Resep Dokter Tablet, Krim & Salep yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Terimakasih sudah menyimak dan tentunya semoga bermanfaat yang. Salam sehat selalu.

REKOMENDASI OBAT ALERGI GATAL TERBAIK ADA DISINI!  
KLIK OBAT ALERGI GATAL TERBAIK!

Obat Di Apotik | Gejala, Penyebab Dan Obat Alergi Gatal Di Apotik Resep Dokter Tablet, Krim & Salep


EmoticonEmoticon